Siapa bisa mencari jumlah orang yang berobat ke Puskemas ?

19 12 2010

Sebelumnya kami menyampaikan bahwa tulisan ini kami buat sebagai laporan atas masalah yng terjadi di tempat kami. Bukan tujuan lain.

Masalah yang kami temukan adalah adanya permintaan data jumlah penduduk yang menggunakan fasilitas puskesmas. Dari permintaan tersebut kami mencoba meminta datanya.

Kami mencoba membayangkan sebuah loket puskesmas. Yang di data adalah jumlah kunjungan tiap harinya berapa. Jadi kalau kumulatif jumlah kunjungan selama setahun, maka data itu bukan data yang benar. Karena satu orang bisa berkunjung ke puskesmas berulang kali.

Kami mencoba menggunakan nomer kartu tertinggi di akhir tahun. Di tempat kami, tiap tahun nomer kartu di ulangi mulai dari nomer satu. Jadi nomer tertinggi itulah jumlah pasienya. Tetapi setelah di cek, ternyata nomer kartu di puskemas tidak per pasien satu nomer. Melainkan satu keluarga satu nomer. Jadi bisa valid kalau permintaanya adalah jumlah keluarga yang mengakses berapa. Tetapi permintaanya bukan jumlah keluarga. Karena keluarga tidak bisa menunjukan jumlah orang sebenarnya. Lalu bagaimana cara mencari data jumlah orang yang berkunjung (bukan jumlah kunjungan) selama ini ?

Problem ini bisa di tangani dengan baik, jika kita mengunakan komputer. Yang prosesnya, kira-kira begini .tampilkan nomer pasien yang berkunjung pada tahun tersebut. Kemudian hilangkan yang nomernya ganda.

Jumlah pasien ini selain untuk menjawab aksesibilitas suatu puskesmas, juga untuk menghitung akses dari program asuransi. Misalnya jumlah pasien jamkesmas yang berkunjung di puskesmas. Sehingga di ketahui prosentase orang yang mengakses dari jumlah peserta yang mempunyai kartu jamkesmas. Demikian juga untuk jamkesmasda di Provinsi jawa timur.

Kesehatan kerja juga menanyakan jumlah pekerja yang dilayani puskesmas. Jika secara manual. Mungkin cara yang dilakukan adalah membuat buku bantu semua pekerja yang berkunjung. Tetapi akan ada register lagi. Nomer lagi. Bagaimana kalau nomernya hilang ?. Mencari lagi. Lama lagi. Bagaimana untuk program lain.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: