askep di simpus

18 08 2009

Askep di sofware rawat jalan.

askep1

Selama ini askep di puskesmas tidak pernah di lirik oleh siapapun. Mungkin ada yang bertanya apa ada askep individu di puskesmas? Biasanya kalau praktik keperawatan di puskesmas pasti bikin askep keluarga, community. Askep ini kelihatanya sekarang sudah di miliki oleh profesi kesehatan masyarakat.( wahyu wajib ngomong bagian ini).

kalau individu, hanya yang resiko tinggi, terus kegiatanya kunjungan rumah. Kegiatan di klinik tidak pernah ada askepnya. Memang standart askep tidak mungkin di kerjakan cepat untuk pelayanan di rawat jalan. Padahal untuk akreditasi, perawat puskesmas juga membuat askep. Apa jadinya kalau begini.

askep2

Hari ini kami menguji coba penggunaan askep di software rawat jalan puskesmas. Ada yang menanyakan apa tujuan penambahan modul ini di software rawat jalan. Yang jelas modul ini untuk mempermudah perawat untuk mengisi akreditasinya. (tujuannya sementara itu dulu). Kemudian sambil pelan- pelan diperbaiki askepnya. Memang rawat jalan mempunyai pendekatan yang berbeda dalam pembuatan askep di banding dengan rawat inap. Karena karakternya yang bersifat singkat dalam kontak dengan klien. Karena singkat ini justru memberikan keunikan tersendiri. Yaitu harus tepat dan singkat. Misalnya dalam hal memberi penyuluhan. Karena jika mbulet, maka pasien akan kehilangan waktunya tanpa guna.

Untuk awalan, kami menggunakan nanda 2007-2008 sebagai label diagnose (tentunya di translate ke bahasa indonesia). Kemudian untuk mempercepat rencana, kami buat template yang bisa di pilih dan di edit sesuai kebutuhan. Sehingga perencanaan bisa lebih cepat. Tapi sebagian hanya bisa untuk pasien di bangsal. ya.. run and edit dulu.perbaikinya sambil jalan.

Hasilnya seperti ini.

askep3

Kesimpulan sementara.

  1. Cukup cepat untuk menyiasati keperluan akreditasi.

  2. Mengasah kemampuan /belajar membuat diagnose. ( lama tidak membuat, sudah lupa).

  3. Perlu meningkatkan kemampuan mendeklarasikan etiologi.

  4. Perlu memilah dan memilih tindakan yang cepat dan tepat menyelesaikan masalah.

  5. Perlu menyempurnakan modul askepnya. Terutama mengenai NIC dan NOC ( binatang baru ).

referensi:

  1. Nanda 2008

  2. http://banyumasperawat.wordpress.com/.

  3. http://evolvesupport.elsevier.com/

  4. http://nursinginformatic.wordpress.com/

About these ads

Aksi

Information

4 responses

20 08 2009
Agus Suhanto

terimakasih o atas postingnya yg bermanfaat…
kenalkan saya Agus Suhanto

2 09 2009
purworejopkm

trims. salam kenal juga dari saya.

25 05 2010
Bangun

wo …. keren, sekarang aku juga pusing lihat rekan perawat ndak ada yg bikin askep di Puskesmas. Seneng deh kalo mo berbagi …. syukur bisa di download. Ada askep lengkap tapi bahasa inggris, tinggal pakai, udah nic & noc. Kapan nich sofwarenya digratisin (untuk askep dulu). Thank

31 05 2010
purworejopkm

terima kasih atas perhatianya. sayang softwarenya tidak bisa di pisah dengan simpusnya. kan identitasnya dari simpus. untuk gratisnya sulit pak. karena softwarenya selalu berkembang. menyesuaikan dengan kebutuhan. update terbaru sudah mengakomodasi mengenai kesehatan kerja dengan foral informalnya. juga surveilans gangguan kecelakaan dan cedera.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: